Vladivostok- Russia Kota Yang Terpingirkan

0
1054
Vladivostok- Russia Kota Yang Terpingirkan

Berada di daerah paling timur tak berarti terpinggirkan. Jauh dari pusat ibu kota pun tak berarti terlupakan. Di ujung timur Negeri Beruang Putih, Vladivostok justru bak permata berkilau.
Moskwa dan St. Pettersburg tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Dua kota itu telah menjadi magnet luar biasa yang menarik bagi para wisatawan, juga pebisnis.
Tapi Vladivostok?
Gambaran Vladivostok sama sekali tak terbayang dalam pikiran kita sebelum melihat sendiri kota itu. Maklum, kota ini masih jarang dikunjungi di antara kota-kota di Rusia lainnya. Luas Rusia hampir 10 kali wilayah Indonesia sementara Vladivostok hanya di ujung timurnya, bahkan ‘merapat’ ke wilayah Asia.
Bandingkan saja jarak tempuh dari Moskwa, ibu kota negaranya, yang memakan waktu hingga 9 jam penerbangan non-stop. Adapun dari Korea Selatan, kota ini bisa dicapai dengan jarak 2 jam saja. Begitu pula dari Tokyo.
Vladivostok memang cukup jauh dari ibu kota negaranya.
Kota yang didirikan pada 1860 ini sesungguhnya merupakan pusat administrasi Primorsky Krai. Jika ditarik garis lurus, jarak Vladivostok dari Moskwa tercatat sebesar 6.430 km. Berdasarkan jalur kereta api, panjangnya mencapai 9.288 km. Jumlah penduduknya sekitar 700.000-an orang.
Vladivostok, Rusia, pernah dijadikan sebagai tuan rumah dalam rangkaian kegiatan peliputan APEC Summit 2012. Rusia sebagai tuan rumah APEC 2012 memilih Vladivostok sebagai tempat penyelenggaraan puncak KTT APEC. Dan sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara puncak APEC, Presiden Rusia Vladimir Putin memang mengubah sebagian besar wilayah Vladivostok.
Vladivostok kini telah memoles wajahnya habis-habisan.
Sejumlah pembangunan baru marak di sana-sini, di antaranya bandara, jalan raya, pusat konferensi, dan hotel. Pembenahan juga dilakukan terhadap bangunan lama. Gedung-gedung usang mulai dicat kembali. Jalanan yang membentang dan sejumlah area trotoar masih bisa bercerita tentang dirinya yang baru saja di dandani.
Saat terbaik untuk mengunjungi Vladivostok adalah pada bulan September dan Oktober.
Bahkan Pulau Russky, sebuah pulau yang sebelumnya jarang dicari dalam peta dunia, disulap menjadi area kampus komplet dengan asrama mahasiswa berdesain modern yakni Far East Federal University (FEFU) yang sangat apik. Lokasi ini yang kemudian dipakai sebagai tempat penyelenggaraan KTT APEC.
Sejumlah pemimpin ekonomi APEC yang baru-baru ini ikut dalam perhelatan itu, menginap di tempat tersebut, termasuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang bahkan sempat merayakan hari ulang tahun ke-63 di salah satu gedung FEFU.
Vladivostok dan Pulau Russky terhubung oleh Jembatan Russky.
Jembatan yang membentang di atas Teluk Bosphorus Timur tersebut masuk dalam salah satu jembatan unik. Jembatan ini adalah jembatan kabel pancang terpanjang di dunia dengan panjang rentang pusat jembatan 1.104 meter dan tinggi tiang 70 meter. Panjang keseluruhan jembatan 3,1 kilometer dengan lebar jalan 29,5 meter.
Proses pembangunannya telah dimulai sejak 2008 dan mulai dibuka secara resmi oleh Perdana Menteri Federasi Rusia Dmitry Medvedev pada 1 Agustus 2012. Namun, ini bukan satu-satunya jembatan baru yang dibangun di Vladivostok. Selain Russky Bridge, ada juga jembatan lainnya yang membentang di atas Teluk Golden Horn
Jika Anda kebetulan datang pada September & Oktober, Anda juga bisa menikmati suasana sore hari di Pelabuhan Sportivnaya.
Teriknya matahari melengkapi indahnya sore Anda di tempat ini sambil menikmati udara laut. Tempat ini juga menjadi wisata favorit yang bisa langsung dikunjungi dari lokasi tibanya kereta Trans Siberia.
Dari situ Anda bisa berjalan menuju ke Lapangan Revolusi Bortsov.
Di sini berdiri sepasang patung sebagai peringatan untuk Para Pejuang Perang Timur Jauh era Uni Soviet. Banyak wisatawan termasuk penduduk asli yang mengisi waktu senggang di tempat tersebut. Kapal pesiar mewah juga sering merapat di pelabuhan dekat lapangan tersebut.
Salah satu tempat menarik lainnya adalah Monumen Eagle’s Eyes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here