Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Reflexology ?

0
7029
Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Reflexology ?

Reflexology adalah sebuah treatment yang fokus terutama pada kaki. Dasar dari teori Reflexology adalah bahwa setiap point jariang yang ada dikaki terhubung ke berbagai jariangan di tubuh kita. seperti : Jika anda menekan ujung jari kaki itu akan terkoneksi / terhubung dengan kepala, usus dan pinggang dijaringan menuju ke arah tumit, Pankreas dan hati , juga ginjal berada pada lengkungan kaki. Para praktisi mempercayai jika kita melakukan tekanan didaerah tertentu akan dapat meningkatkan kesehatan pada organ yang terhubung di dalamnya sesuai melaluii jalur energik.  Pada tahun 1915  Dr. William H. Fitzgerald seorang ahli THT memperkenalkan konsep “Therapy Zona”. dan 15 tahun kemudiann tepatnya pada tahun 1930 Fisioterapis America Ingram mengembangkan lebih lanjut therapy ini menjadi apa yang disebut Reflexology sekarang ini.

Reflexology, dengan melakukan teknik tekanan di point reflex tertentu akan dapat menyeimbangkan sistem saraf atau membantu melepaskan bahan kimia seperti Endorfin untuk mengurangi rasa sakit dan stres. Manfaat yang dirasakan setelah reflexologyy adalah masyarakat merasa akan lebih relak dan kaki pun akan terasa jauh lebih ringan setelah melakukan reflexology. walaupun saat berlangsungnya treatment anda akan merasa kesakitan. tetapi jangan salah, jika sakit bukannya Therapist salah dalam melakukan treatment, justru jika anda merasa sakit jika ditekan dititik tertentu itu tandanya anda mempunyai masalah pada titik yang ditekan. tetapi kembali lagi client berhak mendapatkan kenyamanan dalm hal pelayanan, nah jika anda merasa kesakitan atau kurang nyaman dengan treatment yang diberikan, anda bisa menjelaskannya dan meminta agar Therapist bekerja lebih lembut di kaki anda.

Pertanyaan nya apakah Reflexology sama dengan Massage Kaki ? ada sedikit perbedaannya. untuk massage kaki biasanya therapist akan menggunakan minyak lalu  melakukan gerakan meluncur lembut atau efflurage pada kaki anda lebih kepada bagaimana untuk melemaskan otot-otot kaku di area kaki. Untuk yang Reflexology proses ini banyak bekerja pada telapak kaki anda, dimana terdapat titik-titik yang kerkoneksi pada organ tubuh anda. menekankan penekanan yang kuat di titik tertentu akan dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan dibagian yang tertentu.

Pentingkah melakukan Reflexology ? pertanyaan ini kadang muncul dari beberapa orang. karena mereka menganggap melakukan Massage saja sudah cukup untuk kesehatan seluruh tubuh. tidak salah juga sich, tetapi perlu diketahui Reflexology ini mempunyai manfaat yang tidak bisa di dapat dari hanya sekedar melakukan Massage. seperti contoh berikut ini. Reflexology terbukti untuk mengurangi tingkat stres, membantu gangguan pencernaan, Insomnia, ketidakseimbangan hormon.gangguan menstruasi, seperti simdrom pramenstruasi PMS, sakit punggung, dll.

Reflexology biasanya membutuhkan waktu 45-60 menit. pertama anda akan berbaring sambil therapist membersihkan kaki anda. minyak atau lotion biasanya yang akan digunakan. Therapist akan melakukan masssage untuk melemaskan otot serta jaringan kaki anda. dan mulai bekerja pada bagian bawah telapak kaki anda. Biasanya setelahnya client akan merasa ngantuk atau bahkan tertidur saat treatment berlangsung.

Selalu pastikan sebelum anda memulai treatment, jelaskan secara komplet riwayat kesehatan anda, atau anda memiliki masalah pada area tertentu kaki anda yang membutuhkan perhatian lebih. Agar Therapist bisa memberikan layanan yang maxsimal. dan Reflexology tidak hanya bisa dilakukan pada kaki lo teman – teman, tanganpun memiliki beberapa point penting yang terhubung dengan area tertentu pada tubuh anda. Treatment ini biasanya tidak dianjurkan untuk ibu hamil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here