Lebih Dari 1200 TKI Bali Berangkat Ke Luar Negeri

0
281
Provinsi Bali kewalahan menyediakan permintaan Spa Therapist ke Luar negri

 Tahun ini lebih dari 1.200 orang tenaga kerja indonesia dari Bali siap bekerja ke 22 negara yang dituju. Tak satupun Tenaga Kerja Indonesia asal Bali yang bekerja sebagai PRT di luar negeri.

Mereka telah dibekali kemampuan semiterampil dan terampil. TKI Bali bekerja di berbagai bidang, seperti kepelautan, perhotelan dan spa therapy, pertanian, pertambangan, dan jasa.

Keberangkatan ribuan TKI asal Bali dilepas oleh Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jummur Hidayat di Hotel Aston, Denpasar.

“TKI yang terbesar bekerja mengisi sektor kepelautan, antara lain kapal pesiar, kapal kargo, kapal penangkap ikan, dan kapal niaga,” kata Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Denpasar Wayan Pageh.

Mereka akan bekerja di puluhan negara, diantaranya kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Afrika. Sebanyak 888 orang bekerja di Amerika Serikat, Spanyol, dan Italia, sebanyak 312 orang bekerja di Kanada, Polandia, Yunani, Inggris, Turki, Afsel, Jepang, Australia, Brasil, dan Cina.

Ribuan TKI ini berasal dari berbagai 9 kabupaten/kota daerah di Bali, seperti Kota Denpasar, Kabupaten Buleleng, Badung, Tabanan, Gianyar, Bangli, Karangasem, Klungkung, dan Jembrana.

Para TKI akan diberangkatkan pada sekitar April-Mei 2012 melalui perusahaan jasa TKI atau Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS).

“Penempatan TKI formal ke luar negeri merupakan target utama Bali. Bali selama ini hanya berorientasi pada pengiriman TKI formal sehingga tidak mengupayakan penempatan sektor informal penata laksana rumah tangga ke negara manapun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here