Lowongan Kerja Spa Therapist ke Dubai Update 26 April 2013

Category: Lowongan SpaSpa Luar Negeri Comments: 11 comments

Lowongan Kerja Spa Therapist ke Dubai Update 26 April 2013::Dicari  Spa Therapist untuk mengisi Lowongan Kerja Spa Therapist ke DUBAI dengan Basic Salary USD $700::

Fasilitas lainnya :
Apartement Bintang 4
Medical – Visa Kerja – Tiket PP

Contrak 2 TAHUN

NOte: FREE – Semua biaya ditanggung Owner hanya berlaku 10 hari kedepan. Karena Owner saat ini sudah di Bali untuk melakukan proses Interview. Silahkan send CV ke yanik@spadibali.com

Perkembangan spa di luar negeri, secara tidak langsung mempengaruhi permintaan tenaga kerja spa lokal. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen, tentu saja tenaga kerja spa harus memiliki skill serta kompetensi di bidangnya. Namun tenaga kerja di bidang spa masih minim sertifikasi hingga saat ini.

Hal itu diungkapkan Direktur Bali Citra Internasional, Ni Made Rai Anggreani, S.H., baru-baru ini di Denpasar.

‘’Bertambahnya industri spa belakangan ini di mancanegara memberi peluang lapangan pekerjaan bagi para tenaga kerja Indonesia (TKI). Makin pesat pertumbuhan industri spa ini otomatis akan menambah lapangan kerja bagi TKI, baik untuk kebutuhan di dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Lanjut Anggreani, permintaan tenaga kerja terapis Indonesia makin banyak berdatangan dari mancanegara, mulai dari Dubai hingga Mesir, sehingga perlu adanya sertifikasi spa yang dapat memperkuat kualitas tenaga kerja Indonesia di luar negeri. ‘’Tahun ini saja siswa kami 650 orang telah memperoleh sertifikasi, yakni 40 persennya telah bekerja di luar negeri, 20 persen telah menjadi wirausaha dan sisanya 40 persen telah bekerja di dalam negeri,” ungkapnya.

Kata dia, sertifikasi profesi merupakan suatu cara pemberian jaminan bahwa, profesi yang disertifikasi mempunyai persyaratan sistem sertifikasi yang dapat diterima di dalam dan di luar negeri.

Hal senada diungkapkan Presiden Bali Spa & Wellness Association (BSWA), Lulu Susiana Widjaya. ‘’Perusahaan spa yang ada di Bali mencapai ribuan. Dari jumlah tersebut, banyak yang belum teregistrasi dan tercatat. Apalagi tenaga kerjanya yang telah tersertifikasi,” ujarnya.

Dikatakannya, seiring dengan meningkatnya jumlah perusahaan spa, tentu membutuhkan tenaga kerja yang banyak pula. Untuk itu, diperlukan sertifikasi bagi mereka yang terjun di spa. Dengan sertifikasi tersebut, tenaga kerja spa bukan hanya bisa diserap di spa lokal, namun juga spa luar negeri.

‘’SDM untuk spa, agar mampu bersaing dengan terapis luar, maka kompetensi sekolah spa harus ditingkatkan. Minimal terapis harus memiliki sertifikat kompetensi,” jelasnya.

Untuk lebih mengembangkan dan mempromosikan spa di Bali , aspek pendidikan untuk SDM-nya harus terus ditingkatkan. Dengan begitu, citra pekerja di industri spa tidak hanya dipandang sekadar tukang pijat, namun pekerja profesional di bidangnya.

Sementara itu, menurut Kepala Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Cohespa, Mayasari Tjahjono, sertifikasi kompetensi adalah proses pelaksanaan, penetapan dan pengakuan terhadap pencapaian kompetensi seseorang pada suatu jenis dan tingkat pendidikan yang telah ditetapkan. ‘’Ini berlaku secara nasional serta merupakan suatu cara pemberian jaminan bahwa, profesi yang disertifikasi mempunyai persyaratan sistem sertifikasi,” ujarnya.

Bali dikenal sebagai tujuan spa terbaik di dunia, namun tenaga terapis yang bersertifikasi masih sangat minim. Dari ribuan pekerja spa di Bali , hanya dalam jumlah ratusan yang bersertifikasi atau hanya 3 persen yang diakui kompetensinya.

Menurutnya, melihat kecilnya jumlah tenaga kerja yang bersertifikasi tersebut tentu akan membuat tenaga kerja lokal kalah saing dengan tenaga kerja luar negeri. ‘’Pekerja luar akan gampang masuk ke Indonesia , apalagi mereka bersertifikasi,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, yang menjadi kendala juga yaitu penguasaan bahasa asing. Minimal, menurutnya, tenaga kerja di spa bisa berbahasa Inggris. ‘’Perlu dibekali dengan keterampilan berbahasa asing,” jelasnya.

Lanjut dia, setelah lulus serta memperoleh sertifikat kelayakan, mereka akan sangat mudah terserap ke usaha spa. Mereka tanpa harus melakukan interview, jika sudah memiliki sertifikasi tersebut. ‘’Sertifikasi sudah dicanangkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan didukung sepenuhnya oleh Departemen Pariwisata, khususnya untuk spa. Tetapi kenyataannya, pengertian sertifikasi serta sosialisasi profesi masih kurang, sehingga pengertian spa terapis memerlukan sertifikasi profesi pun belum banyak yang menerapkannya,” jelasnya.

Apalagi, kondisi serta kualitas tenaga kerja Indonesia mulai dari tingkat pendidikan, pendayagunaan, produktivitas serta daya saing masih lemah.

Lanjutnya, untuk mengantisipasi hal itu, sekarang pendidikan profesi baik berupa kursus spa sudah harus mulai membiasakan diri melakukan sertifikasi kompetensi bagi siswa mereka. ‘’Di spa secara khusus, sertifikasi kompetensi masih sangat kurang. Padahal sertifikasi itu amat penting untuk mengukur kemampuan diri mereka sendiri,” katanya.

Mayasari menambahkan, mereka harus makin sadar melakukan sertifikasi, sebab sangat penting dalam persaingan nantinya. Sehingga dengan itu sekolah spa bisa mengukur seberapa besar kemampuan anak didik mereka. ‘’Sertifikasi kompetensi tersebut ada tiga tolak ukurnya yaitu, pengetahuan, sikap serta perilaku. Terapis Bali selama ini kami lihat sudah memiliki ketiga hal itu, mereka punya talent yang cukup bagus serta sikap dan perilaku yang cukup baik, hanya tinggal bagaimana mereka nantinya terjun langsung di usaha spa,” tandasnya.

11 comments to Lowongan Kerja Spa Therapist ke Dubai Update 26 April 2013

  • dvb t  says:

    Definitely, what a great website and enlightening posts, I will bookmark your site.Have an awsome day!

  • i wayan suparta  says:

    halloooo I am in all ain now,

  • mia utami  says:

    Yth.Bpk/Ibu

    Saya tertarik untuk mengisi lowongan spa di dubai.Sy telah mengikuti uji kompetensi dari dep.Pariwisata Jakarta,dan telah bersertifikat.
    Saya baru baca lowongan ini..
    Jika Bpk/Ibu…berkenan…silahkan hub.saya di 085319277479/083899557708 dg.Mia Utami
    Terimakasih atas perhatianya.

  • luh sudiasih  says:

    sy therapist berpengalaman 10 thn skarang masi kerja di srilanka bentota hotel. Dsmbr 2013 kontrk sy trahir….jika ada lowongan trbaru mohon impormasi. Thank

  • widhi  says:

    lowongan therapist kluar negeri untuk bln ini ada gak?

  • indra sange  says:

    boleh gak cowo kerja di spa,ada pendidikanya gak…..thank’s before….call me 081906030889

  • amin  says:

    i am is therapist profesional, i have expearence as long as 10 year in the spa.
    so please call me if there is available

  • liana  says:

    Sya berminat krj di luar mohon bantuannya sya pernah bekerja di spa

  • dedek  says:

    lowogan therapis buat cowok ada gak ,saya bisaa massage fuul bodyn meni pedi ,crimbat, lulur .081295481583 pin bb :211c5041.terima kasih banyk

  • iyus  says:

    I am very intereted to work at dubai at spa therapist, I have experiences n good looking.,please inform me to my email: yuzzhiko@gmail.com thank you.

  • Google  says:

    We came across a cool web page which you could possibly take pleasure in. Take a search for those who want.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>